Kelebihan dan kekurangan investasi emas

By | September 20, 2022

Kelebihan dan kekurangan investasi emas РEmas tidak hanya digunakan untuk membuat perhiasan dan ornamen. Tetapi juga dianggap sebagai bentuk investasi yang populer di Indonesia. Banyak orang Indonesia berpikir berinvestasi dalam emas adalah investasi yang sangat baik dan memberikan perlindungan dalam keadaan darurat keuangan. 

Kelebihan dan kekurangan investasi emas

Kelebihan dan kekurangan investasi emas

Pertanyaannya adalah, “Apakah investasi emas merupakan ide yang bagus?” Pada artikel kali ini, kita akan membahas berbagai Kelebihan dan kekurangan investasi emas.

Kelebihan Dan Kekurangan investasi Emas

Keuntungan berinvestasi emas

1. Emas adalah lindung nilai terhadap inflasi

Emas secara populer dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi. Ini memiliki hubungan langsung dengan inflasi. Selama periode inflasi, investor takut, saham dan dana utang bisa berkinerja buruk. Namun, emas secara historis berkinerja baik selama inflasi.

2. Likuiditas

Salah satu faktor yang menjadikan emas sebagai investasi yang baik adalah likuiditas. Emas dapat dengan mudah diubah menjadi uang tunai kapan pun Anda mau. Jika dibandingkan dengan investasi lainnya, emas merupakan satu-satunya investasi yang memiliki likuiditas tinggi.

3. Diversifikasi

Untuk mengurangi risiko dalam berinvestasi, penting untuk melakukan diversifikasi portofolio investasi Anda. Emas adalah cara mudah dan nyaman untuk mendiversifikasi portofolio investasi. Emas berkorelasi terbalik dengan pasar saham dan mata uang. Ini berarti emas bergerak berlawanan arah dengan pergerakan rupee dan pasar saham.

LIHAT JUGA: Kelebihan dan kekurangan berinvestasi di saham

4. Mempertahankan nilainya dalam jangka waktu yang lama

Emas untuk investasi jangka panjang. Bahkan jika harganya turun, nilai dasar emas tidak banyak berubah. Ini terutama karena ini adalah komoditas, sedangkan rupiah, yang merupakan bentuk mata uang fiat, tidak memiliki nilai intrinsik.

5. Komoditas yang paling diinginkan

Orang India membeli emas lebih dari negara lain di Dunia dan emas telah menjadi komoditas favorit bagi pria dan wanita. Emas digunakan dalam perhiasan sejak lama. Emas tidak tunduk pada kekacauan politik dan menandakan seberapa kaya suatu negara.

Kekurangan berinvestasi emas

1. Emas bukan investasi pasif

Emas bukanlah investasi pasif seperti saham dan obligasi. Investasi pasif mendapatkan penghasilan tetap dalam bentuk bunga dan dividen. Tapi, satu-satunya penghasilan yang bisa Anda dapatkan dari emas adalah saat dijual di pasar terbuka.

2. Emas sulit disimpan

Jika Anda suka memegang emas fisik, maka penyimpanan adalah masalah terbesar. Emas harus disimpan dan dijaga dengan hati-hati, karena nilainya tinggi. Jika Anda menempatkan koin emas dan perhiasan Anda di loker bank, Anda harus membayar biaya perawatan loker setiap tahun.

3. Koreksi harga dapat menyebabkan kerugian

Terkadang nilai emas naik mengatakan ketika pasar saham jatuh dan investor terburu-buru untuk berinvestasi emas dengan harga tinggi. Begitu kepanikan mereda, harga emas mengoreksi dirinya sendiri. Hal ini dapat menyebabkan kerugian bagi investor. Jadilah Bijaksana, Menjadi Kaya.

Nah, itulah sedikit pembahasan mengenai Kelebihan dan kekurangan investasi emas, semoga bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published.