Cara mengaktifkan macro di excel 2010, 2013, 2007

By | September 17, 2022

Cara mengaktifkan macro di excel 2010, 2013, 2007 – Makro dapat didefinisikan sebagai sekumpulan instruksi yang dapat digunakan untuk melakukan beberapa tugas tertentu dalam aplikasi Microsoft Office. Ketersediaan makro sangat membantu pengguna karena mereka dapat membuat program dan fungsi yang ditentukan pengguna yang dirancang khusus untuk melakukan tugas mereka.

Meskipun makro sangat berguna, tetapi jika disalahgunakan mereka dapat merusak data Anda atau bahkan dengan komputer Anda. Jika tanpa sadar Anda menjalankan beberapa makro berbahaya, maka itu dapat merusak instalasi Microsoft Office Anda atau memberi Anda masalah lain. Dan karena alasan ini Microsoft telah menonaktifkan makro eksternal (atau tidak tepercaya) secara default.

Hari ini di posting ini saya akan memberi tahu Anda cara mengaktifkan macro di excel:

Cara Mengaktifkan Macro di Excel 2000 dan 2003

  1. Pertama-tama navigasikan ke tab ‘Tools’ > ‘Macro’ > ‘Security’.
  2. Setelah mengklik opsi ‘Security’, jendela Keamanan akan terbuka. Ini akan menunjukkan kepada Anda semua tingkat keamanan yang dapat Anda pilih untuk makro Anda.

cara mengaktifkan macro di excel

Saran saya, jangan pernah memilih ‘Keamanan Rendah’. ‘Keamanan Sedang’ lebih baik karena akan meminta izin Anda setiap kali sebelum menjalankan makro.

Cara mengaktifkan Makro di Excel 2007

  1. Dengan file excel yang terbuka, klik tombol ‘Office’.
    Kemudian klik ‘Options Excel‘ (ada di bagian bawah).
    Selanjutnya pilih ‘Trust Center‘> ‘ Trust Center Settings‘.

cara mengaktifkan macro di excel

Di pengaturan pusat kepercayaan, klik ‘Makro Settings‘. Dan dari sana Anda dapat memilih tingkat keamanan untuk menjalankan makro.

Cara Mengaktifkan Macro di Excel 2010 dan 2013

Buka file Microsoft Excel, dan arahkan ke ‘File’ > ‘Options’ > ‘Trust Center‘. Dan kemudian klik ‘Trust Center Settings‘.

cara mengaktifkan macro di excelDi jendela Pengaturan Pusat Kepercayaan, pilih opsi ‘Makro Settings‘. Dan pilih pengaturan keamanan yang Anda inginkan untuk diterapkan pada eksekusi makro.

Penjelasan Detail Pengaturan Makro (Untuk Excel 2007, 2010 dan 2013)

Berbagai opsi keamanan di Microsoft excel 2007, 2010 dan 2013 tidak begitu jelas. Jadi, di sini saya akan menjelaskan opsi ini secara rinci:

1. Nonaktifkan semua makro tanpa pemberitahuan: Jika Anda memilih opsi ini maka itu akan memblokir semua macro dan tidak akan memberi Anda pemberitahuan apa pun tentangnya.

2. Nonaktifkan semua makro dengan pemberitahuan: Dalam pengaturan ini makro dinonaktifkan tetapi masih setiap kali Anda membuka lembar excel dengan makro, ia akan menanyakan apakah Anda ingin menjalankan macro atau tidak.

cara mengaktifkan macro di excel

3. Nonaktifkan semua makro kecuali macro yang ditandatangani secara digital: Ini sama dengan opsi kedua kecuali perbedaannya yang secara otomatis mengizinkan makro yang ditandatangani oleh penerbit tepercaya.

4. Aktifkan semua macro (tidak disarankan, kode yang berpotensi berbahaya dapat dijalankan): Pengaturan ini akan memungkinkan semua makro berjalan tanpa meminta Anda. Umumnya Anda harus menghindari menggunakan opsi ini.

Cara Menjalankan Macro Meskipun Menjalankan Makro dinonaktifkan

Anda dapat menjalankan makro bahkan jika pengaturan keamanan Anda tidak memungkinkan Anda untuk melakukannya. Metode ini hanya akan berfungsi di Excel 2007 dan versi yang lebih baru. Microsoft Excel memperlakukan lokasi tertentu sebagai zona tepercaya. Ini berarti jika Anda menyimpan file excel Anda (jelas saya berbicara tentang yang mengaktifkan macro) di lokasi tepercaya ini dan kemudian mencoba menjalankan makro. Excel akan menghilangkan semua pemeriksaan makro dan akan menjalankan makro.

Secara default, Lokasi tepercaya ini adalah:

  1. Program Files\Microsoft Office\Templates
  2. Program Files\Microsoft Office\Office12\Startup
  3. Program Files\Microsoft Office\Office12\Library
  4. Program Files\Microsoft Office\Office12\XLSTART

Anda juga dapat menambahkan lokasi mana pun di komputer Anda ke zona tepercaya. Untuk melakukannya cukup ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Di Excel, navigasikan ke ‘File’ > ‘Options’ > ‘Trust Center’> ‘Trust Center Settings’ > ‘Trusted Locations‘.

cara mengaktifkan macro di excel

  • Selanjutnya, dengan menggunakan tombol ‘Add New Location‘ Anda dapat menambahkan lokasi mana pun ke Lokasi Tepercaya.

Catatan: Sebelum menambahkan lokasi apa pun ke daftar lokasi tepercaya, pastikan lokasi tersebut benar-benar lokasi yang aman. Karena lokasi ini dapat bertindak sebagai celah dalam pengaturan keamanan Anda dan peretas mana pun dapat dengan mudah memanfaatkan celah tersebut.

Jadi, ini semua tentang cara mengaktifkan macro di Excel.

Leave a Reply

Your email address will not be published.